Kelebihan dan Kekurangan Kayu Nangka

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Nangka

Dari dulu sampai sekarang, peralatan rumah tangga yang terbuat dari kayu masih banyak digemari. Seperti terbuat dari kayu jati, kayu mahoni, kayu ulin, kayu pinus, dan sebagainya. Kayu-kayu tersebut merupakan jenis-jenis kayu lokal Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satu jenis kayu yang tidak kalah menarik yaitu kayu nangka. Tentu anda sudah tidak asing dengan jenis kayu ini bukan?

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Nangka

Sekarang ini, Kayu Nangka termasuk ke dalam kayu yang langka karena sudah jarang terlihat di perkotaan, namun Anda bisa menjumpai kayu ini di pedesaan Pulau Jawa. Kayu ini termasuk ke dalam jenis kayu yang memiliki ketahanan yang cukup kuat, awet dan kebal terhadap serangan jamur atau rayap. Kayu ini memiliki pola yang menarik, sehingga jika digosok dengan minyak dan diserut halus kayu itu akan mengkilap. Dan pola-pola yang menarik inilah yang juga sering dimanfaatkan oleh beberapa tukang kayu untuk membuat furniture rumah tangga seperti meja dan lemari.

Alasan sebagian orang beralih ke kayu nangka untuk komponen tambahan dalam pembuatan rumah mereka adalah, karena harga jual kayu jati dan kayu Ulin serta kayu jenis lain yang memiliki kualitas baik, saat ini harganya sangat fantastis dan tak tidak bersahabat bagi sebagian kalangan. Dulunya, kayu nangka ini sering digunakan sebagai material untuk membangun rumah Joglo khususnya di Yogyakarta.

Kelebihan Kayu Nangka
Bukan hanya pohonnya yang menghasilkan buah yang enak dinikmati. Kayu ini memiliki beberapa kelebihan lain, diantaranya:

  1. Memiliki warna yang sangat menarik dengan bagian tengah yang cenderung berwarna kuning, serta memiliki pola serat yang unik.
  2. Warnanya stabil sampai bertahun-tahun setelah pohon dari kayu ditebang
  3. Memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap berbagai hama terutama rayap tanah. Meski begitu, pengawetan kayu tetap disarankan agar kayu lebih awet.
  4. Mudah diolah
  5. Harganya tidak semahal kayu jati, sehingga banyak konsumen yang lebih memilih membeli kayu nangka atau kayu jati bekas.

Kelemahan Kayu Nangka
Meskipun memiliki banyak kelebihan, kayu nangka juga memiliki kekurangan seperti yang dimiliki oleh kayu jenis lain. Diantara kelemahan kayu nangka tersebut diantaranya adalah:

  1. Kelas Kayu Nangka masih berada di bawah Kayu Jati.
  2. Kayu ini masih kurang populer di masyarakat awam. Masyarakat masih banyak yang belum mengetahui keunggulan kayu tersebut.
  3. Pohon nangka semakin sulit dijumpai.
  4. Sekalinya ditemukan, pohon nangka ini biasanya berusia masih muda dan belum besar. Pasalnya, kualitas kayu sangat dipengaruhi usia dari pohon tersebut.

Kegunaan Kayu Nangka
Kayu ini dapat digunakan sebagai bahan baku untuk keperluan rumah tangga maupun elemen-elemen bangunan, diantaranya:

  1. Furniture. Kayu dari pohon nangka ini dapat digunakan sebagai furniture seperti kursi, meja, buffet, ranjang, lemari, hingga meja belajar.
  2. Berbagai elemen bangunan. Kayu ini dapat digunakan untuk pembuatan kusen jendela, daun jendela, kusen pintu, rangka atap, dan daun pintu. Karena kayu ini kebal terhadap serangan rayap, kayu ini sering digunakan sebagai bagian rangka bangunan.
  3. Berbagai produk kerajinan atau craft. Kayu ini sangat cocok untuk berbagai produk kerajinan, seperti frame kacamata, jam tangan, jam dinding, gelang, dan lain-lain. Produk-produk ini akan lebih terlihat indah jika dipadukan dengan ukiran-ukiran nusantara.
  4. Berbagai alat music. Kayu ini bisa menjadi bahan untuk membuat alat musik seperti gendang.
  5. Pembangunan rumah. Rumah-rumah joglo di Jawa pada jaman dahulu menggunakan kayu nangka sebagai bahan dasarnya sehingga menghasilkan bentuk rumah yang menarik.

Harga kayu Nangka
Untuk harganya sendiri, kayu nangka ini memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran dan tempat penjualan. Umumnya, kayu nangka dengan panjang mulai dari 1 m dan diameter 7 cm dibandrol dengan harga mulai dari Rp 365 ribu. Sedangkan jika panjangnya lebih dari 2 m dengan diameter kurang lebih 20 cm, harga kayu nangka ini berkisar sekitar Rp 1,5 jutaan.
Itulah informasi lengkap mengenai Kayu Nangka, semoga bisa dijadikan salah satu referensi bagi Anda yang tengah berencana membeli kayu.

Info lebih lanjut silahkan buka komunikasi ke kami kapan saja, siap kami layani.

Kepuasan Anda adalah penghargaan dan jaminan kami. Mengandalkan dukungan dari tenaga kerja terampil dan berpengalaman, terkoordinasi dalam sistem kerja profesional dengan kendali mutu yang ketat.

Komitmen kami adalah untuk terus menjaga hubungan baik dengan konsumen dan tetap menjaga dan meningkatkan pelayanan kami.

Silahkan klik link web kami yang lain untuk info lebih lanjut.

Salam sukses

Eka Satya
Flooringbali
Web : flooringdeckingbali.wordpress.com
Email : kaliasembali@gmail.com
Phone : 081 338 939 306
Phone : 081 999 035 379
Workshop :
Jl. By Pass Tanah Lot, Gang Spam Penet, Br. Batan Tanjung, Desa Cemagi, Kec. Mengwi, Kab. Badung, BALI 80351

Leave a comment