Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali

Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali

Selamat Pagi

Teknis Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali, menjadi sangat penting untuk membuat ulin decking menjadi kokoh dan sedikit kemungkinan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti, kekuatan cengkraman permukaan papan decking dengan kayu jois di bawahnya, dan juga struktur bawah sebelum di pasang bantalan/jois dan papan permukaan decking.

Survey lokasi sangat di perlukan untuk mengetahui kondisi lapangan dimana tempat akan di pasangkan ulin decking. Dari hasil survey lapangan baru akan di putuskan tindakan apa yang akan di perlukan dalam memperlancar pemasangan ulin decking tersebut. Berikut adalah salah satu gambar sket Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali yang bisa menjadi panduan dalam teknis pemasangannya.

Ulin Decking di Bali

Harus memperhatikan betul kondisi lapangan tempat decking tersebut akan di pasang. Seperti contoh di atas, pinggir kolam ada batu alam dengan ketebalan 5cm. Gambar di atas menunjukkan level bersih dari dasar permukaan rabat semen dengan batas batu alam bawah adalah sekitar 10cm. Jadi dengan jarak pemasangan seperti itu kita bisa putuskan bahwa rincian dari setiap pemasangan masing masing semen, bantalan/jois dan juga permukaan ulin decking tersebut adalah :

Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali

1. Rabat semen

Rabat semen bawah di pastikan harus rata, dengan kemiringan tertentu untuk melancarkan alur air ke arah yang lebih rendah. Jadi nanti tidak akan ada kemungkinan air yang bisa tergenang di area rabat semen bawah tersebut.

2. Balok Semen

Balok semen dengan ukuran tertentu seperti misalnya ukuran 5 x 7cm. Dikonfirmasi dengan klien bahwa sangat di butuhkan untuk membuat Balok semen tersebut untuk membuat ruang bebas di bawah decking, sebagai tempat air mengalir, dan juga untuk mencapai ketinggian tertentu seperti yang di inginkan oleh klien. Pemasangan balok semen ini juga tentunya memperhitungkan arah atau aliran air yang direncanakan. Pemasangan Balok semen ini harus sangat di perhitungkan, supaya balok semen ini kuat di kemudian hari.

Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali

Ulin Decking di Bali

3. Bantalan/Jois kayu ulin

Bantalan/Jois kayu ulin sangat di perlukan untuk menjaga permukaan papan decking menjadi kokoh. Karena seperti yang kita tahu, material ulin memang sangat kuat dengan air. Jadi nanti nya tidak perlu kuatir lagi dengan kondisi keropos, rapuh atau di makan serangga. Ukuran bantalan/jois kayu ulin seperti contoh gambar di atas adalah 3 x 4cm atau lebih. Pemasangan bantalan/jois kayu ulin di balok semen menggunakan skrup dan phiser sesuai dengan ukuran bantalan kayu ulin tersebut, sehingga akan mencengkeram erat di kayu dan juga di balok semen di bawahnya. Pemasangannya mengikuti aluh dari balok semen.

4. Permukaan Ulin Decking

Papan ulin decking dipasang paling akhir dari proses ini, seperti contoh gambar di atas, papan ulin decking di pasang berlainan arah dengan bantalan/jois yang ada di bawahnya. Alat alat yang di perlukan dalam pemasangan papan ulin decking ini adalah : Mesin Bor dengan mata bor, skrup atau paku beton.

Proses  Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali nya adalah :

Papan ulin decking sudah di potong berdasarkan besaran area yang akan di pasang. Papan decking di tempatkan di tempatnya, lakukan pengeboran di area yang tepat yaitu dengan bantalan/join kayu ulin bawahnya. Setelah mencapai kedalam tertentu bor di tarik kembali. Ruang yang di buat oleh mata bor di papan decking dan bantalan/jois kayu ulin di bawahnya akan sangat memudahkan dalam pemasangan scrup selanjutnya. Adapun besaran mata bor ini harus lebih kecil dari besaran skrup yang akan kita pasang. Jadi skrup akan tetap menggigit papan ulin decking dan juga menggigit bantalan ulin di bawahnya. Tujuan proses di bor ini dilakukan karena memang karakter kayu ulin itu kuat tapi dengan konsekuensi pecah kalau di paksakan. Setelah dilubangi maka sudah bisa di pasang skrup untuk mengencangkan papan ulin decking dengan bantalan/jois di bawahnya. Untuk mencegah kemungkinan bantalan/jois bawahnya pecah, pemasangan skrup ini bisa di tempatkan sedikit zig zag. Untuk pemasangan papan ulin decking berikutnya perlu juga di perhatikan jarak antar papan ulin decking. Jarak antar papan ulin decking adalah 3-5mm. Tujuannya adalah untuk memberikan ruang untuk papan ulin decking bergerak, bernafas, karena memang karakter papan ulin decking ini seperti itu.

Final finishing bisa di lakukan setelah pemasangan papan ulin decking ini selesai secara keseluruhan.

Pemasangan Ulin Decking di Bali | Cara Pemasangan Ulin Decking di Bali

Demikianlah sedikit informasi semoga bermanfaat buat rekanan semua, info lebih lanjut bisa hubungi nomer telpon, email, sms atau sosial media yang lain.

Salam Sukses

Eka Satya
Flooringdeckingbali
Web : flooringdeckingbali.wordpress.com
Email : kaliasembali@gmail.com
Phone : 081 338 939 306
Phone : 081 999 035 379
Address : Jl Mertasari No 99, Kedampang, Kerobokan, Kuta, Badung, Bali, – BBM Pin : 54104480

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s